Senin, 08 Oktober 2018

Bab 1 Sejarah Perkembangan SI/TI


Bab 1 sejarah perkembangan SI/TI

A. Sejarah SI/TI

Pada awalnya sistem informasi tidak harus dikaitkan dengan teknologi informasi, namun seiring perkembangan jaman, saat ini suatu sistem informasi tidak dapat lepas dari penggunaan teknologi informasi.

Penggunaan teknologi informasi pada suatu sistem informasi mulai berkembang sekitar tahun 1960an. Pada periode tersebut, sistem informasi yang digunakan masih sangat terbatas. Hal ini disebabkan teknologi perangkat keras maupun perangkat lunak masih sangat jauh jika dibandingkan dengan kondisi sekarang. Tujuan utama sistem informasi pada saat itu adalah untuk melakukan otomatisasi proses bisnis yang berjalan pada organisasi.

Pada periode sekitar tahun 1970an, sistem informasi sudah lebih berkembang. Perkembangan sistem informasi saat itu didominasi dari sudut pandang data. Teknologi basis data saat itu berkembang cukup pesat. Jadi, fokus utama sistem informasi saat itu adalah penyimpanan dan pengaksesan data. Pada saat itu sistem informasi biasanya masih digunakan pada suatu bagian organisasi, khususnya bagian keuangan. Oleh karena itu, kita sekarang sering kali melihat pada suatu organisasi, departemen/bagian sistem informasi (kadang juga disebut bagian teknologi informasi) berada di bawah departemen keuangan.

Pada periode tahun 1980an, sistem informasi berkembang lebih ke arah CSCW (Computer Support Cooperative Work). CSCW adalah aplikasi yang mendukung kerjasama dalam organisasi, misalnya pemanfaatan email, dokumen editor, dan lain-lain. Pada periode ini, sistem informasi mulai mengarah ke bentuk client server. Selain itu, pada periode ini pemanfaatan sistem informasi sudah mulai bertambah luas. Sistem informasi sudah dimanfaatkan pada bermacam-macam bagian organisasi, misalnya bagian keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, dan lain-lain.

Pada tahun 1990an, internet berkembang sangat cepat. Perkembangan tersebut juga mendorong perkembangan sistem informasi. Sistem informasi mulai dimanfaatkan teknologi internet maupun teknologi web. Pada saat itu usaha untuk membuat suatu sistem informasi yang terintegrasi untuk seluruh organisasi sudah mulai dilakukan. Perusahaan-perusahaan perangkat lunak besar di dunia juga mulai mengembangkan sistem informasi yang disesuaikan dengan best practice yang ada, misalnya aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning)CRM (Customer Relationship Management), SCM (Supply Chain Management), dan lain-lain.

Pada tahun 2000an, sistem informasi berkembang semakin pesat. Perkembangan ini didorong dengan semakin berkembangan teknologi internet, dengan kapasitas semakin besar dan harga yang semakin murah. Sudah banyak organisasi yang telah mengintegrasikan sistem informasi mereka dengan sistem informasi organisasi lain untuk mendukung kegiatan organisasi tersebut.

Pada masa mendatang, sistem informasi akan semakin berkembang lagi. Perkembangan teknologi dan perubahan dunia usaha yang sangat cepat, mendorong organisasi untuk mengembangkan suatu sistem informasi yang mampu beradaptasi dengan cepat menghadapi perubahan tersebut. Sistem informasi tersebut juga harus dapat diintegrasikan dengan bermacam-macam sistem yang lain agar kinerja organisasi menjadi lebih efisien.

B. Perkembangan Komputer
Seperti yang kita tahu, sekarang banyak sekali alat-alat elektronik yang canggih, diantaranya laptop dan tablet. Laptop dan tablet merupakan salah satu alat elektronik yang mempunyai kecanggihan yang dapat digunakan untuk mengetik, menhitung, dan melakukan berbagai pekerjaan lainnya. Dulu, semua pekerjaan itu hanya dapat dikerjakan oleh computer desktop. Kini, seiring berkembangnya waktu dunia elektronik menjadi semakin canggih. Komputer pun menjadi semakin berkembang, baik itu dari segi designnya hingga kemampuan yang dimilikinya. Padahal, dulunya computer digunakan sebagai alat hitung untuk membantu menghitung angka-angka sampai akhirnya menjadi suatu perangkat multifungsi seperti sekarang ini. Kini dapat kita lihat anak-anak sampai orang dewasa telah mengerti dan memahami fungsi serta manfaat dari computer. Tapi, mungkin sebagian besar dari mereka masih banyak juga yang belum tahu mengenai sejarah computer, sampai perkembangannya.
Sejarah Perkembangan Komputer

Sejak jaman dulu manusia memang memerlukan alat bantu untuk hitung. Baik itu perbintangan, perdagangan maupun pekerjaan lainnya yang sangat memerlukan alat bantu hitung. Menurut para ahli sejarah, alat hitung pertama kali yang dibuat oleh manusia adalah Abacus atau sering disebut Sipoa yang ditemukan 25 ribu tahun silam oleh bangsa China, dan hingga saat ini masih digunakan. Berbeda lagi dengan bangsa peru dan cina yang  menggunakan quipus yang berupa tali simpul. Di setiap simpulnya melambangkan suatu bilangan tertentu. Kemudian, setelah tahun 1642, di Perancis, Blair Pascal sukses menciptakan mesin hitung yang hanya bisa digunakan untuk melakukan operasi hitung penjumlahan saja, dan diberi nama Adding Machine, sampai kemudian disempurnakan  oleh Von Leibnitz untuk mengerjakan operasi matematic yang lainnya di tahun 1673.
Setelah ditemukannya listrik oleh M. Faraday, lalu munculah era komputer elektronik, sehingga mulai berkembang alat yang menggunakan tenaga listrik, termasuk komputer. Pada tahun 1942 John Atanasoff dari AS adalah orang pertama yang merancang komputer elektronik dan sampai saat ini pun masih terus berkembang.
Sejarah Perkembangan Komputer
Era perkembangan komputer dikelompokkan menjadi beberapa periode, yaitu :
1.   Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  • Komponen utamanya menggunakan lampu tabung.
  • Ukuran per unit komputer sangat berat dan besar.
  • Membutuhkan alat pendingin yang cukup banyak karena cepat panas.
  • Boros listrik.
  • Prosesnya relatif masih lambat.
  • Ketepatan hasil prosesnya rendah.
  • Kapasitas data kecil.

2.    Komputer Generasi Kedua (1959-1965)
Komponen utama penyusun komputer ini adalah transistor yang lebih unggul segalanya daripada tabung hampa tapi berharga jual murah, dan kelemahan pada generasi pertama dapat diperbaiki.

3.    Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
IC (Integrated Circuits) atau dikenal juga dengan rangkaian terpadu menggantikan fungsi transistor. Dari sebuah keping IC, bisa menggantikan beberapa transistor, diode serta resistor sekaligus, hingga memiliki kinerja lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.Walaupun ukurannya lebih kecil, tapi kecepatannya semakin tinggi, kapasitas lebih besar serta memungkinkan untuk berkomunikasi antar komputer.

4.    Komputer Generasi Keempat (1970- )
Komponen utama komputer ini telah menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) yaitu IC yang kemampuannya ditingkatkan hingga ratusan bahkan ribuan kali dengan ukuran fisik yang lebih kecil.

5.    Komputer Generasi Kelima
Sekarang para pakar komputer merancang serta memikirkan bagaimana membuat komputer dengan komponen utama, yaitu AI (Artificial Intelligence) atau kepandaian buatan yang bisa menentukan sikap sendiri apabila akan menerima data. Dan untuk apapun data itu merupakan atas inisiatif sendiri serta akan terus berkembang sampai saat ini.




C. Perangkat Komputer

Pada saat sekarang ini sudah sangat sulit menemukan orang yang belum mengenal komputer. Meski demikian mungkin sebagian besar diantara kita masih ada yang belum mengenal secara detail tentang Perangkat Komputer dan Fungsinya dari masing-masing perangkat tersebut.

Untuk memperkenalkan lebih detail tentang komputer, maka saya akan berbagi sedikit ilmu mengenain Perangkat Komputer dan Fungsinya, dengan tujuan agar semua para pengguna komputer dapat mengenal komputer lebih dalam lagi dan bukan cuma sekedar mengenal dari bentuk fisiknya saja.

Perangkat komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian, yaitu Perangkat Lunak (Software) dan Perangkat Keras (Hardware). Di dalam 2 Perangkat tersebut, masih terdapat beberapa bagian-bagian.
Berikut Penjelasannya :

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:

1). Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.

2). Sistem Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:


1). Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

2). Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

3). Processor
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.

4). Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

5). RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.

6). CMOS
CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.

7). Konektor Casing
Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.

8). Monitor 
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.


9). Power Supply 
Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

10). Harddisk
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.

11). Kipas (Pendingin)
Kipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer.

D. Pemanfaatan SI/TI
Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat,mesin,material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya aktivasi manusia,teknologi dikenal sebelum sains,dan teknik.
Teknologi dibuat atas dasar ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia,namun jika pada kenyataannya teknologi malah mepersulit, layakkah disebut ilmu pengetahuan.

Kata Teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Meskipun demikian, penemuan yang sangat lama seperti roda juga disebut sebuah tekonologi.
Definisi lainnya(digunakan dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan(dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi). Oleh karena itu, kita dapat melihat perubahan teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat.


Teknologi Informasi.
Istilah teknologi informasi mungkin sering Anda dengar, entah ketika di lembaga sekolah ataupun ketika Anda menjelajahi internet. Istilah teknologi informasi tidak akan lepas dari istilah teknologi komunikasi, karena sebenarnya kedua istilah tersebut saling berhubungan satu sama lain meskipun berbeda.
Setiap hari, kita tidak pernah lepas dari peran teknologi informasi, contoh kecil adalah ketika Anda menggunakan handphone untuk membuka jejaring sosial. Handphone merupakan salah satu contoh teknologi informasi selain komputer, TV, perangkat elektronik dalam rumah tangga dan lain sebagainya. Dari sekian banyak jenis teknologi informasi, banyak juga manfaat teknologi informasi yang bisa kita dapatkan.
Sebelum mengetahui manfaat teknologi informasi, kita harus mengetahui dampak perkembangan dari teknologi itu sendiri, di mana kita bisa melihatnya dari adanya peningkatan standar efisiensi kehidupan, baik itu dalam kehidupan individu, kelompok maupun kehidupan badan usaha. Kemajuan teknologi informasi tersebut bisa kita rasakan dari terbantunya kegiatan kita karena terbentuknya penghematan waktu, tenaga, biaya dan lain sebagainya sehingga terjadi pula lah peningkatan hasil dari jerih payah yang kita lakukan.
Secara umum, manfaat teknologi informasi antara lain :
  • Memudahkan kita dalam memperoleh informasi serta melakukan komunikasi,
  • Terbukanya peluang bisnis yang baru,
  • Adanya peningkatan kualitas serta kuantitas pelayanan publik,
  • Adanya peningkatan layanan informasi jarak jah dalam bidang kesehatan (telemedicine),
  • Terciptanya e-Learning sebagai salah satu sarana dalam memperbaiki sistem pendidikan,
  • Terciptanya lapangan pekerjaan,
  • Memperkaya ilmu dan pengetahuan dalam semua bidang termasuk dalam aspek kebudayaan,
  • Terdorongnya proses demokrasi dalam segala hal.
Manfaat teknologi informasi begitu luas, sehingga tidak bisa Paseban paparkan secara detil satu persatu, tetapi selain manfaat teknologi informasi secara umum terdapat beberapa manfaat teknologi informasi yang bisa kita rasakan dalam beberapa bidang seperti dalam bidang pendidikan baik untuk peserta didik maupun untuk penyelenggara pendidikan, juga dalam bidang pemerintahan, telecenter bagi masyarakat dan lain lain sebagainya. Sebagai pengetahuan tambahan bagi Anda, berikut ini adalah beberapa manfaat teknologi informasi lain berdasarkan beberapa bidang yang bersangkutan, di antaranya :
Bidang Pendidikan
  • Bagi peserta didik, mereka tidak akan ketinggalan informasi mengenai beberapa ilmu dan pengetahuan penting yang bersangkutan dengan pelajaran sekolah, misalnya tentang sejarah suatu negara, budaya dan lain sebagainya.
  • Sumber pengetahuan yang dicari dapat diakses dengan mudah, misalnya mengenai latihan SNMPTN online dalam rangka mempersiapkan diri sebelum menghadapai ujian yang sebenarnya.
  • Bagi penyelenggara pendidikan, setidaknya akan mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya,
  • Memungkinkan mereka menjangkau peserta didik yang berada jauh dari tempatnya via program pembelajaran jarak jauh atau virtual,
  • Tersedianya e-library yang akan membantu mereka dalam mengurangi biaya penyediaan buku di perpusatakaan, dan lain sebagainya.
Telecenter bagi Masyarakat
  • Teknologi informasi bisa menjadi sumber informasi dan sarana belajar,
  • Bisa menjadi sarana dalam melihat pasar secara lebih luas melalaui produknya,
  • Menumbuhkan semangat kewirausahaan, seperti contohnya bisa menjual produknya melalui jejaring sosial,
  • Membantu masayarakat dalam mengembangkan perdagangannya melalui sistem e-commerce,
  • Meningkatkan informasi kesehatan dalam mewujudkan masyarakat yang makmur.
Bidang e-Commerce
  • Bagi perusahaan, mereka tidak perlu membuka cabang distribusi yang terlalu banyak,
  • Meringakankan biaya pengeluaran marketing dan gaji karyawan,
  • Bagi konsumen, mereka dapat membeli barang yang dibutuhkan secara luas dan dengan pilihan yang beragam,
  • Menghemat waktu dan biaya transportasi karena tidak perlu mendatangi toko secara langsung,
  • Harga barang biasanya relatif lebih murah dari pada di toko dalam kasus-kasus tertentu.
Selain manfaat teknologi informasi, terdapat pula beberapa dampak yang terjadi akibat majunya teknologi informasi dalam kehidupan bermasyarakat yang perlu Anda ketahui, di antaranya :
  • Sejak ditemukannya kartu kredit, ATM, ponsel bahkan internet banking, dunia Perbankan menjadi berubah secara drastis.
  • Dalam dunia bisnis serta industri, berbagai software aplikasi seperti penglah kata, data, angka dan database perusahaan banyak dimanfaatkan.
  • Terciptanya internet, ponsel dan pendukung komunikasi digital lainnya membuat seseorang menjadi mudah dalam berkomunikasi jarak jauh,
  • Para designer terbantu dengan adanya software seperti AUTOCAD, Coreldraw karena membuat hasil gambarnya lebih akurat dan mendekati aslinya,
  • Pilot-pilot pesawat terbantu dengan adanya sistem pengendalian penerbangan, dan masih banyak perubahan lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Bidang Wirausaha/Bisnis
Dalam dunia kerja, internet memiliki banyak sekali manfaat dalam mendukung kegiatan proses bisnis untuk mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan yang menolak untuk menggunakan teknologi internet akan terlihat ketinggalan jaman serta menolak untuk melakukan efisiensi. Dengan internet, semua akan terasa lebih mudah, di samping juga ada resiko-resikonya. Selama pimpinan kantor bisa melakukan kontrol penggunaan internet, maka masalah-masalah yang ada akan bisa dikendalikan.
Berikut ini adalah beberapa Keuntungan / Fungsi / Manfaat Internet Bagi Dunia Kerja (Dunia Bisnis) :
  • Memudahkan Telekomunikasi Dengan Biaya Yang Lebih Murah
  • Mudah Melakukan Pemasaran dan Publikasi
  • Bisa Menjual Barang Secara Online
  • Bisa Menjalankan Sistem Aplikasi Terintegrasi Dari Banyak Tempat
  • Mudah Menyebarkan Pemberitahuan Ke Banyak Pegawai
  • Bisa Mencari Pegawai / Karyawan Baru Lewat Internet
  • Mudah Berhubungan Dagang Dengan Banyak Klien Di Luar Negeri
  • Memudahkan Manajemen Untuk Membaca Informasi Dari Satu Sumber
  • Dapat Berinteraksi Langsung Dengan Konsumen Akhir Beserta Agen / Distributor
  • Karyawan Memiliki Fasilitas Hiburan Tambahan Saat Senggang
 Tidak ada salahnya mencoba untuk mengadopsi internet dalam perusahaan atau usaha yang kita miliki. Tinggal bagaimana kita menyesuaikan pemakaiannya dengan kondisi yang ada. Jika belum paham sebaiknya tanyakan kepada yang paham lalu dipraktekkan.
Adapun Manfaat Lain Internet Dalam Dunia Wirausaha :
Internet saat ini digunakan oleh siapa saja. Tak hanya bermanfaat dalam bidan pendidikan, manfaat internet bagi dunia usaha juga sudah banyak dirasakan oleh para pebisnis. Diera globalisasi yang penuh persaingan seperti sekaran ini, para pelaku bisnis harus pintar-pintar menjalankan bisnis mereka.
Disinilh peran internet dibutuhkan. Banyak yang mengaku bahwa internet adalah teknologi yang sangat berpengaruh pada bisnis yang sedang dijalankan. Tak sedikit pula pebisnis yang sangat sukses berkat bantuan internet.
Bidang Manajemen Kesehatan
  1. Mambantu dalam Membangun Sistem informasi rumah sakit (SIR) secara luas. Sistem informasi rumah sakit sangat menolong untuk pertukaran informasi antar rumah sakit.
  1. Membantu dalam melakukan manajemen oleh perawat. Teknologi informasi dalam SIKM, dapat digunakan untuk membantu perawat dalam menadta pasien, mengklasifikasikan pasien, catatan personal mengenai riwayat penyakit pasien serta laporan bertahap menganai kondisi dari pasien yang dirawat.
  1. Komputer juga dapat membantu pembuatan Sistem Klasifikasi Pasien
  2. Dengan bantuan alat komputer, dapat membantu dalam menentukan kebutuhan tenaga di ruang rawat, berguna juga untuk memantau klasifikasi klien. Sistem klasifikasi pasien adalah pengelompokan pasien berdasarkan kebutuhan perawatan yang secara klinis dapat diobservasikan oleh perawat.

  1. Alat bantu rekam medik
Komputer di  rumah sakit adalah membantu dalam penerapan rekam medis medis. Pengertian rekam medis berbasis komputer secara prinsip adalah penggunaan database untuk mencatat semua data medis, demografis serta setiap event dalam manajemen pasien di rumah sakit. Rekam medis berbasis komputer akan menghimpun berbagai data klinis pasien baik yang berasal dari hasil pemeriksaan dokter, digitasi dari alat diagnosisi (EKG, radiologi, dll), konversi hasil pemeriksaan laboratorium maupun interpretasi klinis.
  1. Pengembangan E_Health di RS
Pengembangan E-health di Rumah Sakit.  Sebagai contoh, e-Health dapat diterapkan untuk membantu pengembangkan program yang membantu dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya saling bertukar infomasi secara elektronik, mengambil data rekam medis pasien kapan dan dimana diperlukan, dan melakukan kolaborasi dengan memberi layanan jasa kesehatan lainnya secara real time melalui internet. 
Teknologi informasi sangat berguna dikalangan masyarakat, karena dapat mempermudah seseorang yang sedang mencari sesuatu.dan yang disebutkan diatas adalah hanya baru beberapa saja masih banyak lagi manfaat kegunaan/pemanfaat Teknologi Informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar